Lagi Butuh Bonito Flakes, Belinya Dimana ya???

Sedang butuh bonito flakes nih, tapi belinya dimana ya?

“Kebetulan” sekali, karena kami memang menjual bonito flakes.

Nah, kalau memang sedang membutuhkannya, silahkan hubungi kami.


Setiap orang pada umumnya,  tentu sudah tahu bahwa semua ikan bisa berenang.

Dan ada sedikit orang yang tahu bahwa ternyata ada jenis ikan yang bisa terbang.

Tapi di negeri sakura,percaya atau tidak, ada ikan yang bisa menari.

Bonito

Bonito atau yang lebih familiar dengan sebutan ikan cakalang (kalau di Indonesia) merupakan ikan yang sangat terkenal di negeri Jepang dan biasanya ikan ini jarang dikonsumsi dalam kondisi segar.

Ikan ini biasanya dikonsumsi jika sudah dalam bentuk yang kering dan telah diserut.

Warnanya agak gelap dan tekturnya seperti berminyak, ini adalah bonito yang telah dipotong-potong menjadi beberapa bagian kemudian dikeringkan sampai teksurnya menjadi kering dan keras seperti kayu.

Itu merupakan proses pengawetan ikan khas ala Jepang yang pada akhirnya sering dipergunakan sebagai bahan untuk berbagai macam masakan Jepang.

Bonito Flakes

Bonito flakes adalaha bahan makanan yang terbuat dari katsuobushi.

Katsuobushi merupakan potongan-potongan ikan bonito (ikan tuna) yang sudah diasap, dikeringkan dan diserut hingga bentuknya menjadi tipis dan sangat ringan.

Saking tipis & ringannya , sampai-sampai uap yang sangat sedikitpun bisa membuat bonito flakes bergoyang atau menjadi kriting, seakan-akan terombang ambing arus lautan yang deras.

Dengan kondisi yang seperti itu membuat bonito flakes yang berwarna merah muda bergerak-gerak ketika ditaruh di atas makanan yang masih panas.

Proses Pembuatan Bonito Flakes Di Jepang

Ikan bonito segar dipotong menjadi beberapa bagian yang kemudian proses pengasapan dilakukan untuk potongan-potongan ikan bonito ini.

Setelah proses pengasapan selesai, barulah proses fermentasi dilakukan, proses ini menghabiskan waktu lumayan panjang, hingga waktu berbulan-bulan.

Ikan bonito yang telah dipotong, diasap dan difermentasi menghasilkan jenis makanan baru yang merupakan potongan ikan tuna yang kering dan keras layaknya sepotong kayu.

Potongan seperti kayu ini disebut dengan katsuobushi, karena kerasnya makanan ini bahkan ada yang menganggapnya sebagai salah satu makanan yang sulit untuk dikonsumsi

Dalam proses pembuatannyan, mereka menempatkan ikan tuna pada wadah-wadah khusus dan mengeringkannya di bawah sinar matahari hingga usia berbulan-bulan bahkan ada juga yang sampai bertahun-tahun.

Setelah itu mereka melakukan tahapan berikutnya, yaitu menyerut ikan yang telah kering dan mengeras

Katuobushi ini diserut dengan cara yang tradisional, yaitu dengan menggunakan alat khsusus semacam ketam dengan mata pisau di bagian atas dan pada bagian bawahnya terdapat kotak yang berfungsi sebagai wadah untuk menampung hasil dari serutan katsuobushi.

Kalau anda mempunyai kesabaran yang ekstra, anda bisa membuatnya sendiri dengan santai di rumah, sambil mengisi waktu luang.

Akan tetapi sebagian orang pasti memilih cara yang simple, artinya tidak mau repot-repot karena serpihan katsuobushi ini bisa kita beli di toko-toko.

Bonito flakes ini bisa kita dapatkan di toko bahan-bahan makanan Jepang baik toko offline maupun toko online.

Sebagian besar katsuobushi di Jepang diproduksi dengan cara yang modern dan menggunakan alat-alat yang moderen juga, tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan produktifitas dalam rangka memenuhi permintaan pasar.

Bonito Flakes Sebagai Bumbu & Hiasan

Bonito flakes merupakan bahan makanan yang mempunyai rasa asin yang cukup tajam, karenanya bahan makanan ini bisa digunakan sebagai bumbu yang disebut sebagai dashi di dalam masakam seperti sup.

Bisa juga digunakan untuk bumbu di dalam salad wakame (wakame ini terbuat dari rumput lau yang telah dikeringkan).

Bisa digunakan juga di dalam saus, bahkan bisa dipadukan juga dengan mie, contohnya saja adalah mie ramen.

Bonito flakes ini menghasilkan rasa yang unik dan enak, orang-orang di Jepang menyebutnya dengan umami, yaitu rasa yang ke lima setelah empat rasa yang umum kita ketahui

Selain digunakan sebagai bumbu, bonito flakes juga sering digunakan untuk hiasan di dalam berbagai jenis masakan

Sebagai hiasan, bonito flakes ini bisa menari-nari di atas berbagai macam masakan Jepang.

Taburkan saja segenggam bonito flakes di atas makanan yang hangat, maka anda akan melihat tarian dari bonito flakes yang seakan-akan ia hidup

Kezuribushi Nama Lain Dari Bonito Flakes

Dalam bahasa Jepang, bonito flakes juga disebut dengan kezuribushi, yaitu serpihan dari ikan kering yang cukup enak, terbuat dari ikan tuna atau sering disebut juga dengan nama bonito.

Banyak makanan Jepang yang menggunakan kezuribushi sebagai bumbu, bisa juga digunakan untuk membuat bumbu khas jepang bernama dashi, dalam dunia masakan-masakan Jepang, keberadan bumbu ini sangat penting dan tak tergantikan

Meskipun demikian, ternyata masih ada juga beberapa orang Jepang yang merupakan pengrajin katsuobushi dan masih mempertahankan proses pembuatan katsuobushi dengan secara tradisional.

Serutan bonito flakes yang berkualitas tinggi adalah yang memiliki sedikit “debu” dan ini sangat bagus jika digunakan untuk membuat bumbu dashi yang akan menghasilkan rasa umami dan bermanfaat untuk banyak sekali jenis masakan-masakan Jepang

Rekomendasi cara pembuatan bumbu dashi :

10 gr Bonito flakes direbus di dalam air sebanyak 880 ml dengan suhu yang sedang selama kurang lebih 1 menit


Kalau ada yang bertanya
“Bonito Flakes Beli Dimana?”
Jawabnya “Di Takoyaki Mister Iyus saja”